Sejatinya, kurikulum tidak hanya berisi serangkaian petunjuk teknis materi pembelajaran. Lebih dari itu, kurikulum merupakan sebuah program terencana dan menyeluruh, yang menggambarkan kualitas pendidikan sebuah bangsa. Dengan sendirinya, kurikulum memegang peran strategis dalam kemajuan bangsa tersebut. Kurikulum tidak seharusnya bersifat statis. Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan …
Tata kelola pendidikan untuk rakyat merupakan kredo senapas dengan konstitusi, tetapi menghadapi tantangan dari gelombang liberalisme yang sangat mungkin membajak hak-hak rakyat terhadap akses pendidikan. Ketimpangan pembangunan di banyak sektor akibat liberalisme juga muncul dalam pendidikan. Buku ini mendedah gelombang liberalisme yang menyeruak pada praktik-praktik pendidikan dan pada perang…
Buku Memperadabkan Bangsa adalah kontribusi cendekiawan untuk menjembatani idealisme dan realita berbangsa dan bernegara sesuai Pancasila. Pembangunan tiga ranah dilakukan melalui penetrasi tiga dimensi ideologis, yaitu keyakinan, pengetahuan, dan tindakan. Penetrasi ini berpegang pada prinsip Tri-Kon, yakni kontinyu, konvergen, dan konsentris. Dengan demikian, pembangunan peradaban ini mesti b…